test

Jumat, 23 November 2012

PENGORGANISASIAN (ORGANIZING)


          Pengorganisasian adalah proses penyusunan struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan organisasi, sumber daya yang dimiliki, dan lingkungan yang melingkupi nya. Fungsi pengorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumber daya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan.

prinsip prinsip suatu organisasi yaitu ;
  1. Perumusan tujuan yang jelas. Tujuan dan arah merupakan hal yang sangat penting dalam pembentukan suatu organisasi. Karena dari tujuan ini akan terlihat hasil yang akan dicapai baik itu secara fisik maupun non fisik
  2. Pembagian kerja . Dalam pembentukan suatu organisasi harus terlihat dengan jelas akan pembagian kerja dari masing masing unit (sub) organisasi, hal ini supaya tidak terjadinya tumpang tindih aktivitas dan dapat menghambat tercapainya suatu tujuan.
  3. Delegasi kekuasaan. Dengan adanya pembagian kerja tersebut yang jelas maka akan terlihat pula garis komando dan delegasi kekuasaan (wewenang) dari masing masing unit kerja.
  4. Rentang kekuasaan. Rentang kekuasaan merupakan penjabaran dari pendelegasian suatu kekuasaan. Parameter dan tolak ukur pun harus menjadi bagian dari rentang kekuasaan, sehingga tidak timbul diktatoris kekuasaan atau wewenang kekuasaan tersebut.
  5. Tingkat pengawasan. Penggambaran tingkat pengawasan yang timbul antar atasan dengan sub (unit) bawahannya harus terlihat dalam struktur organisasi tersebut. Sehingga batasan apa yang menjadi hak dan kewajiban baik itu atasan maupun bawahan akan tercipta.
  6. Kesatuan perintah dan tanggung jawab. Dengan tergambarnya struktur organisasi yang jelas maka kesatuan perintah atau komando akan terlihat pula. Begitu juga dengan tanggung jawab dari orang yang memberikan delegasi (perintah) akan nampak
  7. koordinasi. Ini pun harus terlihat dengan jelas dalam penyusunan suatu organisasi. Koordinasi dari masing masing divisi atau unit kerja akan tercipta. Dengan demikian tujuan suatu organisasi ini akan semakin cepat tercapai.

Unsur unsur suatu organisasi, yaitu ;
1.   Struktur organisasi
2.   Tugas, orang
3.   Keputusan dan imbalan
4.   Situasi informal
5.   Budaya
6.   Melaukan kegiatan yang telah ditetapkan
7.   Kegiatan diarahkan untuk mecapai tujuan

    Kecocokan diantara unsur unsur demikian diperlukan agar saling memperkuat dan menopang konsisten. Setiap unsur konstruksi organisasi diserap kuat kualitas. Dengan demikian keberadaan organisasi menjadi patut dipertimbangkan oleh organisasi lain. Kualitas sempurna pengorganisasian merupakan sebuah dimensi penopang kehebatan organisasi.

Proses organisasi yaitu ;
  1. Merinci seluruh pekerjaan yang ahrus dilaksanakan untuk mencapai tujuan organisasi
  2. Membagi beban kerja kedalam kegiatan-kegiatanyang secara logis dan memadai dapat dilakukan oleh seseorang atau oleh sekelompok orang.
  3. Mengkombinasi pekerjaan anggota perusahaan dengan cara yang logis dan efisien
  4. Penetapan mekanisme untuk mengkoordinasi pekerjaan anggota organisasi dalam satu kesatuan yang harmonis
  5. Memantau efektivitas organisasi dan mengambil langkah langkah penyesuaian untuk mempertahankan atau meningkatkan efektivitas
 Adapun manfaat dari pengorganisasian yaitu ;
  1. Memungkinkan pembagian tugas sesuai dengan keadaan perusahaan
  2. Mencapai spesialisasi dalam melaksanakan tugas
  3. Anggota organisasi mengetahui tugas-tugas yang akan dikerjakan dalam rangka mencapai tujuan.




Daftar pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar