test

Minggu, 28 September 2014

Karakteristik Informasi

Karakteristik dari Informasi yang bernilai

Informasi dapat dikatakan bernilai jika memiliki kriteria dan karakteristik sebagai berikut:


  • Information must be pertinent
           Informasi harus berhubungan. Pernyataan informasi harus berhubungan dengan urusan dan                  masalah yang penting bagi penerima informasi (orang yang membutuhkan informasi tersebut)
.
  • Information must be accurate
      Informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak memiliki bias atau menyesatkan.                 Informasi yang dihasilkan harus mencerminkan maksudnya. Keakuratan informasi seringkali               bergantung pada keadaan.

  • Information must be timely
    Informasi harus ada ketika dibutuhkan. Informasi yang datang pada penerima tidak boleh                     terlambat. Informasi yang sudah usang tidak akan mempunyai nilai lagi karena informasi                     merupakan landasan di dalam pengambilan keputusan.

  • Relevan
    Informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap           orang yang satu dengan yang lainnya pasti berbeda.

Nilai Informasi

Nilai dari informasi (value of information) ditentukan oleh dua hal, yaitu manfaat dan biaya untuk mendapatkan informasi tersebut. Suatu informasi dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya untuk mendapatkannya. Sebagian besar informasi tidak dapat ditaksir secara pasti nilai keuntungannya (dalam satuan uang), tetapi kita dapat menaksir nilai efektifitas dari informasi tersebut. Pengukuran nilai informasi biasanya dihubungkan dengan analisis cost effectiveness atau costbenefit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar