test

Minggu, 27 Oktober 2013

dasar perencanaan sistem informai

A.      Dasar Perencanaan Sistem Informasi Berbasis Komputer
Implementasi sistem informasi berbasis komputer merupakan aktivitas yang berskala luas yang melibatkan orang dan fasilitas yang banyak, uang dan peralatan dalam jumlah yang besar, dan waktu yang panjang.

B.      Perencanaan Sistem Informasi Berbasis Komputer juga mempunyai manfaat, yaitu:
a.       Memberikan dasar pengontrolan.
b.      Mendefinisikan lingkup proyek;
c.       Mengatur urutan tugas;
d.      Mengetahui bidang masalah yang potensial;

C.      Dasar perencanaan CBIS
Implementasi CBIS atau sub sistem utamna merupakan aktivitas yang berskala luas yang melibatkan orang dan fasilitas yang banyak,uang dan peralatan dalam jumlah besar dan waktu yang panjang.Proyek CBIS bias membutuhkan sumber  yang banyak seperti pengembangan produk baru atau pembangunan gedung baru.
·         Siklus Hidup Sistem
·         Fase Perencanaan
·         Fase Analisis dan Disain
·         Fase Implementasi
·         Fase Operasi
·         Fase Perencanaan

Menunjukan setiap langkah yang harus dilakukan dan mengidentifikasi tanggungjawab manajer dan spesialis informasi dalam hal ini adalah analis system

Fase Analisis dan Disain
Bila perencanaan telah dilakukan dan mekanisme pengontrolan telah ditetapkan lalu dilanjutkan ke fase analisis dan disain. Face ini untuk menganalisa setiap proyek yang kita buat

FaseImplementasi
Pada point ini,desain ha darnya berada pada kertas. Ia merupakan model dari system yang direncanakan.Sekarang perlu mengubah model tersebut menjadi system fisik.Implementasi adalah akui sisi dan integrasi dari sumber fisik yang menghasilkan system yang bekerja.

FaseOperasi
Segera sesudah operasi penggantianya itu jika system baru sudah terpasang maka dilakukan lah postim plementati on review (tinjauan post implementasi untuk mengevaluasi sejauh mana system tersebut memenuhi criteria penampilan.Secara ideal tinjauan ini sebaiknya dilakukan oleh pihak ketiga misalnya auditor EDP atau konsultan.

Prototyping
Prototip memberikan ide kepada pembangun dan calon pemakai mengenai system  dalam bentuk lengkapnya nanti akan berfungsi. Proses prototip disebut prototyping dan dalam hal ini paling cocok diterapkan untuk situasi dimana pemakai tidak mengetahui sepenuhnya mengenai apa yang ia inginkan.




referensi
http://arianuspaska.wordpress.com/2011/11/25/dasar-perencanaan-sistem-informasi-berbasis-komputer/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar