Pengenalan
pada manajemen informasi
A. Pengertian
manajemen informasi
Manajemen informasi adalah pengelolaan
data di dalam nya mencakup proses mencari, menyusun, mengklasifikasikan, serta
menyajikan berbagai data yang terkait dengan kegiatan yang dilakukan perusahaan
sehingga dapat di jadikan landasan dalam pengambilan keputusan oleh manajemen
B.
Kepentingan
Manajemen Informasi
Kebutuhan akan
manajemen informasi disebabkan oleh :
1.
Meningkatnya
kompleksitas tugas manajemen
Hal ini
disebabkan oleh karena :
a.
Pengaruh
ekonomi internasional,
Sistem Informasi
Manajemen
Semua perusahaan
tidak dapat lepas dari pengaruh sistem perekonomian dunia saat ini. Misalnya
fluktuasi nilai tukar mata uang yang berubah dengan cepat
b.
Perkembangan
teknologi dunia yang semakin pesat Kemampuan seorang mengirim informasi dalam
hitungan detik melalui satelit,modem, fax, dsb. Peran manusia yang sudah mudah
berkurang akibat modernisasi pabrik dengan penggunaan robot.
c.
Semakin
sempit nya kerangka waktu bagi para manajer untuk mengambil keputusan Kemampuan
manajer dalam mengambil keputusan dalam waktu yang sempit dan ketat sangat
dibutuhkan akibat persaingan dunia usaha yang juga semakin ketat.
2.
Keinginan
untuk menggunakan peralatan pemecahan masalah yang lebih baik.
Karena tugas
manajer yang semakin kompleks maka usaha untuk meningkatkan efektifitas dalam
pemecahan masalah dengan menggunakan teknik kuantitatif dan peralatan
elektronik.
Misal: Seorang manajer produksi
SAMPOERNA yang dapat melakukan analisis hasil produksi rokok melalui sebuah Personal
Digital Assistan ketika melakukan penerbangan dari luar negeri.
C.
Peranan
manajemen menurut Mintzberg adalah :
1.
Peran
antar pribadi (Interpersonal roles)
a.
Pemimpin
(Leader) yang mampu menyediakan motivasi
b.
Ber penampilan
tinggi (Figure head), Melaksanakan tugas seremonial
c.
Mampu berhubungan dengan orang lain (Laison),
menjalin hubungan dengan orang yang berada diluar unit
2.
Peran
informasional (Informational roles)
a.
Pemonitor
(Monitor), Mencari informasi dan mengamati aktivitas yang ada
b.
Menyampaikan
informasi (Disseminator)
c.
Juru
bicara (Spokesperson)
3.
Peran
pengambil keputusan (Decesition maker roles)
a.
Wiraswasta
(Enterpreneur) membuat perbaikan
b.
Menangani
gangguan (Disturbance Handler) dengan bereaksi terhadap kejadian yang tidak diduga
c.
Pembagi
sumber (Resource allocator)
d.
Tawar
– menawar (Negotiator
D.
Sumber daya Manajemen
Informasi :
1.
Sumber daya FISIK :
manusia, mesin, material, uang.
2.
Sumber daya KONSEPTUAL
: Informasi (termasuk data).
E.
Tugas manajer mengelola
sumber daya ini agar dapat digunakan secara efektif.
Manajer harus
memastikan bahwa data mentah yang terkumpul dan kemudian diproses menjadi
informasi yang berguna dan kemudian memastikan bahwa informasi tersebut layak
digunakan oleh orang-orang dilingkungan organisasi dalam bentuk yang tepat
dan pada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat digunakan secara
maksimal. Akhirnya manajer membuang informasi yang tidak berguna dan
menggantinya dengan informasi yang up-to-date.
Semua Kegiatan
diatas dinamakan “Manajemen Informasi”.
Pentingnya
Manajemen informasi dalam Perusahaan, disebabkan karena :
Ã
Kompleksitas
kegiatan bisnis yang semakin meningkat, disebabkan :
1.
Pengaruh ekonomi
internasional, co : gejolak inflasi.
2.
Persaingan dunia.
3.
Batas waktu yang
singkat.
4.
Kendala-kendala sosial.
F.
Fungsi-fungsi manajemen
(Henry Fayol)
1.
Manajer merencanakan
apa yang akan dilakukan.
2.
Manajer mengorganisasikan
untuk mencapai rencana tersebut.
3.
Manajer menyusun
staff organisasi dengan sumber daya yang diperlukan.
4.
Dengan sumber daya yang
ada, para manajer mengarahkan untuk melaksanakan rencana
tersebut.
5.
Akhirnya para manajer mengendalikan
(controlling) sumber daya tersebut dan menjaganya agar tetap beroperasi
secara optimal.
G.
Tingkatan-tingkatan
manajemen :
Tingkatan Manajemen
:
1.
Perencanaan Strategis ;
direktur, wakil direktur, bertanggung jawab atas pengambilan keputusan.
2.
Pengendalian Manajemen
; manajer wilayah, ka. Divisi, bertanggung jawab untuk melaksanakan rencana dan
memastikan tercapainya tujuan.
3.
Pengendalian
Operasional ; supervisor, pimpinan proyek, menyelesaikan rencana-rencana yang
telah ditetapkan oleh para manajer diatas nya, merupakan tempat berlangsungnya
operasional perusahaan.
H.
Keahlian Pihak
Manajemen :
1.
Komunikasi, manajer
menerima/mengirimkan informasi dalam bentuk :
a.
Lisan ; pada saat
meeting, dll.
b.
Tulisan ; laporan,
surat, dll.
2.
Pemecahan Masalah,
sebagai kegiatan yang mengarah pada solusi suatu permasalahan (manajer terlibat
dalam pengambilan keputusan).
Referensi
:betty_yudha.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/14862/BAB%2B1%2BPENGENALAN%2BPADA%2BMANAJEMEN%2BINFORMASI.doc
Tidak ada komentar:
Posting Komentar